Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaNews143 Setuju, 9 Negara Menolak Palestina Jadi Anggota PBB

143 Setuju, 9 Negara Menolak Palestina Jadi Anggota PBB

Jakarta – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Jumat (10/5) menggelar pemungutan suara untuk menentukan resolusi terkait keanggotaan penuh Palestina di PBB.

Dalam pemungutan suara itu, sebanyak 143 negara mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB. Namun, ada sembilan negara, termasuk Israel dan Amerika Serikat (AS) yang menolak keanggotaan Palestina di PBB.

Sementara terdapat 25 negara lain yang memilih abstain dalam pemungutan suara tersebut. Lalu, selain Israel dan AS, siapa lagi negara yang menolak Palestina menjadi anggota penuh PBB?

  1. Amerika Serikat
  2. Israel
  3. Argentina
  4. Hongaria
  5. Republik Ceko
  6. Papua Nugini
  7. Mikronesia
  8. Nauru
  9. Palau

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyambut hasil pemungutan suara, di mana sebanyak 143 negara mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB. “Dunia bersama rakyat Palestina,” ucap Mahmoud Abbas menyikapi hasil pemungutan suara itu,

Resolusi ini nantinya juga akan meminta Dewan Keamanan (DK) untuk mempertimbangkan kembali permintaan Palestina untuk menjadi anggota ke-194 PBB.

Selain itu, resolusi tersebut dharapkan bakal memberikan “hak dan keistimewaan” baru kepada Palestina.

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) memveto draf resolusi DK PBB soal upaya Palestina menjadi anggota penuh organisasi dunia tersebut. Aljazair menjadi negara yang menggagas rancangan resolusi tersebut. (cnnindonesia)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments