Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaStyle5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Salah Satunya Bikin Panjang Usia

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Salah Satunya Bikin Panjang Usia

Jakarta – Minum kopi bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk memulai pagi hari. Selain memberikan semangat, nyatanya mengonsumsi kopi di pagi hari dapat memberikan sederet manfaat untuk kesehatan tubuh.
Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah beberapa manfaat minum kopi di pagi hari:

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Walaupun hasilnya beragam, beberapa penelitian menunjukkan keterkaitan minum kopi dengan meningkatnya kesehatan otak, misalnya seperti melindungi otak dari gangguan neurodegeneratif seperti alzheimer dan parkinson.

Orang yang rutin mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Terlebih lagi, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit parkinson dari waktu ke waktu

  1. Membantu Proses Diet

Minum kopi hitam tanpa gula bisa menjadi salah satu ‘alat bantu’ untuk proses penurunan berat badan. Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan meningkatkan kesehatan usus yang keduanya bermanfaat untuk membantu menjaga berat badan.

Sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi kopi yang lebih banyak dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh, utamanya pada pria. Penelitian lain juga menyebut orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 17 persen lebih besar untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik bila dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari.

  1. Memperpanjang Usia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu memperpanjang umur panjang berkat banyaknya potensi manfaat kesehatan yang dimilikinya. Salah satu penelitian menyebut minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor-faktor seperti usia, status berat badan, dan konsumsi alkohol.

Penelitian lain pada 1.567 orang menemukan bahwa minum kopi berkafein dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah setelah 12 dan 18 tahun masa tindak lanjut. Selain itu, minum setidaknya satu cangkir kopi per hari juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat kanker.

  1. Menambah Energi

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat menjadi stimulan sistem saraf pusat yang membantu melawan kelelahan, kantuk, hingga meningkatkan energi. Kafein bekerja dengan memblok neurotransmitter yang disebut adenosin.

Adenosin bekerja untuk meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak yang mengatur tingkat energi seseorang.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe dua dalam jangka panjang. Salah satu penelitian menemukan setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang setiap hari dikaitkan dengan risiko 6 persen lebih rendah terkena diabetes tipe dua.

Hal ini diduga karena kemampuan kopi dalam menjaga fungsi sel beta di pankreas yang bertanggung jawab memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. (detikcom)

Selain itu, kopi juga dikenal kaya akan antioksidan dan dapat memengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme yang ketiganya sama-sama terlibat dalam perkembangan diabetes tipe dua. (detikcom)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments