Minggu, 8 September 2024

5 Cara Melindungi Anak dari Bahaya Sexting di Era Digital

Jakarta – Di era digital saat ini, sudah menjadi hal yang umum bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan smartphone, media sosial, dan platform online. Namun, dengan tingkat akses informasi yang semakin luas, ada banyak risiko yang berkaitan dengan bahaya yang menghantui anak-anak, salah satunya adalah sexting.

Sexting merupakan tindakan mengirim video, gambar, atau pesan yang secara seksual melalui teks, pesan langsung, dan platform media sosial.

Hal ini telah menjadi hal yang lazim di kalangan remaja usia 11 hingga 17 tahun, meskipun anak-anak yang lebih muda dari itu juga dilaporkan berpartisipasi dalam sexting.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, pada Rabu (15/5/2024), satu dari tujuh remaja mengatakan bahwa mereka telah mengirim sexting, sementara satu dari empat remaja mengatakan bahwa mereka telah menerimanya.

Meskipun hampir semua penelitian setuju bahwa sexting telah menjadi bagian dari perilaku seksual modern, namun tindakan ini juga memiliki sisi gelap, seperti sexting yang tidak konsensual, pertukaran video atau gambar yang tidak sah, hingga pemaksaan.

Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa 14,5 persen sexting diteruskan ke orang lain tanpa persetujuan pengirim asli.

Ketika sexting dipaksakan, atau dibagikan tanpa persetujuan, hal ini dapat menyebabkan pelecehan oleh teman, cyberbullying, pemerasan, dan banyak masalah yang berkaitan dengan keselamatan, serta kesejahteraan kesehatan emosional, mental, dan fisik anak muda.

Untuk membantu melindungi anak-anak dari risiko-risiko ini, seorang psikolog anak, Kate Eshleman, PsyD, mengatakan bahwa penting bagi orangtua untuk membicarakan bahaya sexting sejak dini dan sesering mungkin.

Bagaimana sexting memengaruhi kesehatan mental remaja?

Ketika memposting foto secara online atau mengirimkannya kepada orang lain, kita pasti akan menghadapi risiko gambar dan pesan kita disalahgunakan, atau dibagikan tanpa persetujuan.

Dan, sekali lagi, perilaku tanpa persetujuan ini dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang luas, serta dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental. Semua ini juga dapat berdampak pada kesehatan fisik, serta keselamatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

“Kita sering melihat di media situasi di mana anak-anak muda melakukan bunuh diri karena mereka dilecehkan, diperas atau diintimidasi, atau mereka merasa tidak ada jalan keluar dari suatu situasi, dan semua hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental yang signifikan,” kata Eshleman.

Tidak ada cara yang pasti untuk memastikan anak-anak tidak melakukan sexting (atau berhubungan seks). Namun, sebagai orangtua dan pengasuh, kita tentu bisa membuat pagar pembatas untuk membantu melindungi mereka dan mengedukasi mereka tentang risiko yang terkait dengan sexting.

Eshleman memberikan saran bagi orangtua, anak-anak, dan remaja yang peduli tentang bagaimana menghadapi sexting.

  1. Lakukan pembicaraan sexting lebih awal dan sering

Menurut Eshleman, begitu anak-anak mulai memiliki akses mandiri ke teknologi, saat itulah percakapan seputar sexting harus dimulai. “Lakukan percakapan ini dengan menggunakan istilah dan nada yang sesuai dengan perkembangan anak,” sarannya.

Misalnya, jika kita memiliki anak yang lebih kecil yang memiliki akses ke gadget apapun, tetapkan ekspektasi tentang bagaimana perangkat tersebut digunakan dan perkenalkan gagasan bahwa mereka tidak boleh berbicara dengan orang asing yang tidak mereka kenal secara online.

Dan dalam hal penggunaan media sosial, terapkan juga aturan khusus untuk platform apa saja yang bisa mereka akses, lalu pantau akses tersebut. “Seiring bertambahnya usia anak, kita mulai mendiskusikan mengapa ekspektasi itu ada dan apa potensi bahaya dan risikonya,” terang Eshleman.

“Kita bisa sedikit lebih eksplisit tentang sexting dan perilaku seksual. Bukan dengan maksud menakut-nakuti, tapi agar mereka bisa membuat keputusan yang tepat dan sadar akan risiko-risiko tersebut ketika mereka membuat pilihan,” jelasnya.
Ini semua adalah upaya untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang pentingnya persetujuan dan batasan-batasan pribadi.

  1. Membangun kepercayaan Berteman dan menjalin hubungan adalah hal yang penting bagi anak-anak di segala usia

Jadi, jika mereka menemukan diri dalam suatu hubungan di mana mereka merasa nyaman dengan ide sexting, atau jika mereka datang kepada kita untuk mendiskusikan keingintahuan itu, penting untuk memvalidasi perasaan mereka sambil tetap realistis dengan risikonya.

Salah satu pelajaran yang paling sulit untuk diajarkan kepada anak muda adalah sifat hubungan yang cepat berlalu dan sulitnya membangun dan mempertahankan kepercayaan. Seiring bertambahnya usia anak dan bertambahnya pengalaman di bidang-bidang ini, pemahaman mereka akan konsep-konsep tersebut juga akan terus berkembang.

  1. Mendorong anak-anak untuk melindungi tubuh dan keselamatan mereka

Sebagai orangtua, kita juga perlu memberdayakan anak-anak untuk memiliki kepemilikan atas tubuh mereka dan merasa aman, serta terlindungi ketika harus terlibat dalam perilaku seksual, pada saat yang tepat.

Khususnya dalam hal sexting, penting untuk mengingatkan mereka bahwa mereka memegang kendali atas situasi tersebut, sampai mereka mengirimnya. Namun, begitu materi itu terkirim, maka secara efektif mereka tidak lagi memegang kendali, dan hal itu berarti mereka telah kehilangan kendali.

“Dalam hal sexting, ini bukan hanya tentang menghormati hubungan yang kita miliki. Ini juga tentang menyadari semua kemungkinan apa yang bisa terjadi dan siapa saja yang bisa terlibat dan seperti apa semua bagian dan bagian ini di masa depan,” terang Eshleman.

  1. Membangun komunikasi yang kuat

Orangtua juga harus menjaga jalur komunikasi yang terbuka dengan anak-anak jauh sebelum percakapan yang lebih keras tentang sexting ini diperlukan.

Eshleman menyarankan orangtua untuk membicarakan hal-hal yang benar-benar tidak berbahaya seperti, ‘Bagaimana harimu hari ini? Apa bagian terbaik dari hari Anda? Apakah ada hal lucu yang terjadi hari ini atau ada yang membuat kamu marah?”.
“Mulailah komunikasi itu sesering dan sedini mungkin dengan topik-topik yang tidak berbahaya, sehingga hubungan baik dan kesempatan itu terjalin jika ada sesuatu yang sulit, dan anak-anak lebih bersedia serta nyaman untuk berbicara dengan kita jika ada masalah yang serius,” jelasnya.

  1. Bantu anak-anak menemukan cara lain untuk membangun keintiman

Menjalin hubungan adalah pekerjaan yang berat. Dan ketika kita masih muda, ada tekanan yang nyata dan signifikan untuk merasa bahwa kita harus memberikan semua hal untuk mencapai hubungan yang bermakna. Tapi, kebanyakan orang dewasa tahu bahwa keintiman yang nyata dan tulus membutuhkan waktu, dan ini lebih dari sekadar memuaskan kebutuhan pasangan.
Ingatkan anak-anak bahwa mereka tidak boleh merasa dipaksa ke dalam situasi yang membuat mereka tidak nyaman. Mengetahui cara membuat batasan yang sehat dan melindungi diri mereka sendiri selalu penting.

Namun, beri tahu mereka bahwa ada cara lain untuk menjadi intim dengan seseorang yang mereka sayangi, yang tidak melibatkan keintiman fisik atau perilaku seksual.

“Kita dapat mendorong mereka untuk berbicara di telepon, saling mengirim pesan teks, dan video call ketika sedang berjauhan,” kata Eshleman.

“Mereka dapat mengirimkan foto-foto yang sesuai dengan pakaian yang mereka sukai atau berbagi foto-foto mereka dengan keluarga saat liburan. Penting untuk menunjukkan bahwa ada cara lain untuk menjalin ikatan dengan seseorang yang disayangi yang tidak memiliki risiko yang terkait dengan sexting,” imbuhnya. (kompas)

Hot this week

Waspada Hipertensi, Ini Batas Konsumsi Garam per Hari

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit...

Ditjen Imigrasi Periksa 914 WNA, Ada yang Diduga Terlibat Prostitusi

Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan...

Dilanda Resesi Seks, Orang China Rela Bayar Segini

Jakarta - China dilanda resesi seks. Saking banyak yang...

Adik Prabowo Bangun Pabrik di Batam, Bidik Omzet Rp 1,2 Triliun

Batam - PT Solder Tin Andalan Indonesia, perusahaan milik...

Pria Berlumuran Darah Ditangkap di Bandara Batam, Diduga Usai Tikam Ibunya

Batam - Seorang pria berlumuran darah dan memegang pisau...

Metro

Kasat Narkoba Polresta Barelang dan 2 Perwira Dipecat karena Jual Barbuk 1 Kg Sabu

Batam - Tiga orang perwira di Polresta Barelang, Batam,...

Masuk Singapura via Pelabuhan-Bandara Diperiksa demi Cegah Cacar Monyet

Jakarta - Pemeriksaan suhu dan visual akan dilakukan di...

Bea Cukai Batam Gagalkan Penyelundupan 795.500 Ekor Benih Lobster

Batam - Bea Cukai Batam gagalkan upaya penyelundupan 795.500...

Masalah Air Bersih di Batam Kian Parah

Sebagian warga di Batam mengeluhkan masalah air di Batam....

Pria Berlumuran Darah Ditangkap di Bandara Batam, Diduga Usai Tikam Ibunya

Batam - Seorang pria berlumuran darah dan memegang pisau...

Tarif Feri Batam-Singapura Melonjak Tajam, KPPU Usut Biang Keroknya

Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan tarif...

4 Jenis Kecelakaan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan, Perhatikan!

Jakarta - Peserta BPJS Kesehatan bisa mengajukan klaim atas...

UMKM Makin Gemar Jualan di Live Shopping, Ini Alasannya

Jakata - Tren live streaming membawa perubahan terhadap persaingan,...
spot_img

Artikel terkait

Popular Categories

spot_imgspot_img