Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaSportMengenal Apa Itu Sprint Race MotoGP? Berikut Penjelasannya

Mengenal Apa Itu Sprint Race MotoGP? Berikut Penjelasannya

Apa itu sprint race di MotoGP? Berikut penjelasannya! Seperti diketahui, sprint race secara resmi akan diadakan di setiap sesi balapan MotoGP 2023.

Nantinya, para pembalap akan ketambahan ‘tugas’ baru sejak MotoGP 2023. Jika sebelumnya pembalap hanya satu kali balapan, nantinya Marc Marquez dkk akan menjalani sprint race.

Dilansir dari laman Tuttomotoriweb, sprint race merupakan balapan yang lebih ringkas ketimbang balapan utama. Sprint race sendiri akan diadakan setiap hari Sabtu atau satu hari sebelum balapan utama.

Total balapan sprint race adalah separuh dari total putaran di setiap balapan. Misal, balapan di satu seri sebanyak 28 lap, maka di sesi sprint race menjadi 14 lap.

Sprint race sendiri berpengaruh untuk penentuan grid awal balapan utama. Pada sesi sprint race akan merebutkan poin, yang nantinya bisa menambah jumlah poin di klasemen MotoGP.

Pembagian poinnya sendiri adalah setengah dari poin yang diraih seorang pembalap di balapan utama. Ambil contoh seorang yang berhasil juara di sprint race maka akan mendapat 12 poin. Sebab, poin utama juara di balapan utama adalah 25 poin.

Begitu pun di posisi kedua sampai seterusnya. Sprint race di MotoGP ini mengadopsi yang sudah dilakukan di World Superbike (WSBK) dan Formula One (F1).

Dorna Sports pun mengatakan adanya sprint race bertujuan agar balapan bakal lebih seru lagi. Selain itu, sprint race diharapkan bisa makin membuat persaingan antar pembalap akan semakin sengit.

“Sprint Race akan dipresentasikan di semua Grand Prix, menghadirkan program penuh kegiatan yang menarik untuk para pengagum di akhir pekan balapan MotoGP dan menanamkan struktur yang stabil di seluruh kalender,” tulis laman resmi MotoGP, Minggu (12/2/2023). (okezone)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments